Sunday, May 16, 2010

Referensi Asyik untuk Mulai Belajar SPSS

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dalam mengeksekusi berbagai analisis statistik dari berbagai macam sumber data (baik data empiris (misalnya data transaksi keuangan, data makroekonomi, dll), data hasil survey lapangan, data hasil eksperimen laboratorium (lab eksperiment), data eksperimen lapangan (field eksperiment), dll), tersedia beragam perangkat lunak yang dapat kita digunakan untuk memudahkan dalam mengelaborasi riset kita. Perangkat lunak seperti, SPSS, SAS, STATA, Eviews, R, Weka, MATLAB, dan bermacam alternatif lainnya menawarkan beragam pilihan fungsi analisis data yang terintegrasi. Dengan adanya alat-alat tersebut, pada dasarnya seorang analis akan lebih banyak menginvestasikan waktu dalam memilih metoda analisis yang sesuai untuk keperluan risetnya dan melakukan persiapan data dalam format yang benar. Berdasarkan pengalaman pribadi, waktu yang dihabiskan untuk mengeksekusi analisis relatif jauh lebih pendek dengan keberadaan perangkat lunak statistik tersebut. Diluar penyesuaian-penyesuaian (adjustments) yang mungkin harus dilakukan pada fungsi statistik yang telah terintegrasi dalam software yang dipakai, secara garis besar tahapan-tahapan yang harus dilakukan adalah melakukan input data, "menekan tombol eksekusi", membiarkan software bekerja dan "bim salabim" hasil analisis akan tampil dalam waktu relatif cepat (bergantung pada jenis analisis dan besar data masukan tentunya).


Setiap analis atau peneliti tentunya memiliki pilihan pribadi dalam memilih software statistik yang dijadikan pilihan. Beberapa kenalan analis dari bidang ekonometri (econometrics) dan keuangan (finance) memilih Eviews sebagai pilihan utama mereka. Sebagian teman dari bidang ilmu computer (computer science) atau yang sedang mendalami ilmu machine learning lebih memilih software-software bebas (open source) seperti R dan Weka. Teman-teman insinyur menyematkan kepercayaannya pada MATLAB sebagai senjata andalan mereka dalam menghadapi analisis matematis apapun. Tak lupa mengingat keberadaan SAS dan STATA yang juga memiliki penggemar tersendiri. Setiap analis memiliki argumen akan sisi positif negatif dari software-software diatas. Apapun pilihannya, saya rasa kita semua setuju bahwa SPSS adalah salah satu software statistik yang memiliki basis pengguna terbesar di dunia. Banyak analis dari berbagai bidang keilmuan seperti ilmu manajemen (management science), ekonomi, teknik industri, sampai dengan peneliti yang melakukan eksperimen di bidang psikologi menggunakan software ini sebagai alat analisis utamanya.

Walaupun bukan tanpa cela, layaknya software pada umumnya, SPSS menawarkan beragam fungsionalitas analisis statistik yang cukup lengkap sehingga dapat menangkap pasar pengguna dari berbagai segmentasi keilmuan. Dengan tampilan pengguna (user interface) yang relatif mudah untuk dipelajari dan jauh dari kesan "hardcore coding" (seperti yang terjadi pada R, MATLAB, dll) yang mungkin dianggap "menakutkan" bagi sebagian pengguna, SPSS dapat dengan mudah mengundang para pemula untuk melakukan pembelajaran dalam waktu yang cukup singkat.

Sebagaimana layaknya tersedia pada software manapun, SPSS tentunya juga dilengkapi dengan berbagai tutorial yang terintegrasi pada kesatuan software. Sebagai seorang analis, ada kalanya kita ingin mendapatkan tutorial yang singkat, padat, dan jelas. Mengingat seringnya kita dihimpit oleh keterbatasan waktu, berbagai buku-buku tentang ekonometri atau analisis multi variat yang menekankan pada penjelasan teoritis terkadang dirasa kurang pas. Manual standard yang tersedia dari vendor software juga terkadang dirasa terlalu tebal dan membutuhkan investasi waktu yang cukup lama dalam proses pembelajaran. Lalu pertanyaan kongkrit selanjutnya adalah, "Adakah sumber-sumber belajar singkat, padat, jelas yang bisa dibagi?"


Hal yang akan saya lakukan ini mungkin bagi beberapa orang akan terasa aneh karena saya mempromosikan situs orang untuk belajar SPSS. Namun mengingat jasa situs ini dalam memberikan panduan belajar SPSS yang padat tepat dan jelas, saya rasa informasi ini layak dibagi. Situs yang dibangun oleh Prof. David Garson dari Universitas North Carolina ini, memberikan pengetahuan praktek yang sangat komprehensif. Pembaca situs akan menerima arahan selangkah demi selangkah dalam mengeksekusi analisis statistik yang diinginkan. Berbagai analisis statistik yang tersedia di SPSS (seperti Analysis of Variance (ANOVA), regresi linear, hingga Structural Equation Modeling(SEM)) dijelaskan dengan singkat, padat, dan jelas oleh beliau. Berdasarkan eksplorasi pribadi saya, dengan panduan yang menitik beratkan pada panduan praktek eksekusi analisis data ini, saya dapat menghemat waktu belajar saya dalam menguasai SPSS (terlebih bila dibandingkan dengan belajar dengan panduan tutorial, seksi help, manual SPSS atau buku panduan lainnya). Oiya hampir lupa, situs yang saya maksud adalah http://faculty.chass.ncsu.edu/garson/PA765/statnote.htm

Selain dari situs tutorial praktek yang dibahas tadi, saya juga akan berbagi mengenai buku favorit saya dalam memahami statistik dasar. Dikarenakan saya saat ini memiliki keterbatasan waktu dalam mengulik persamaan matematis, dan lebih senang mendapat pemahaman esensial dari suatu analisis, maka buku karangan Prof. Andy Field dari Universitas Sussex berjudul "Discovering Statistics using SPSS" atau "Discovering Statistics using SAS" menjadi pilihan asyik pemahaman esensi analisis statistic dasar seperti ANOVA, MANOVA, GLM, regresi, dll. Sebagaimana situs pribadi bergaya Rock n Rollnya yang memberi kesan pribadi yang jauh dari konvensional, buku ini pun ditulis dengan gaya yang sangat casual. Jauh dari gaya penulisan kesan serius dan ditulis dengan gaya “fun”, buku ini memberi kemudahan bagi pembaca untuk memahami esensi dari analisis yang dilakukan. Buku ini sangat cocok dan mudah dipahami oleh semua orang, tanpa harus khawatir dengan fobia penurunan mekanis yang terlalu mendalam dari suatu analisis.

Walaupun sekarang saya sudah harus beranjak ke media analisis lainnya, saya rasa SPSS akan selalu menjadi “cinta pertama” bagi sebagian besar analis/peneliti yang harus berkutat dengan statistik. Seperti inspirasi penulisan blog ini yang dimulai dengan banyaknya teman-teman dari bidang keahlian perencanaan kota yang sedang berjuang dengan riset tesisnya di IHS (Institute for Housing and Urban Development Studies) - Universitas Erasmus Rotterdam ternyata banyak juga yang menggunakan SPSS. Sebelumnya saya tidak pernah berfikir bahwa pengguna SPSS akan seluas ini jangkauan pemakainya (baik dari angka maupun bidang keahlian). Sebagai penutup, semoga blog singkat ini dapat berguna. Selamat bekerja keras dan MERDEKA!!!


Wassalamualaikum Wr. Wb.
Meditya Wasesa

No comments:

Post a Comment