Friday, March 26, 2010

8 Rahasia Sukses - Richard St John.

Minggu depan, di universitas saya akan diadakan acara besar yang bernama EFR-Business Week. Banyak tamu tamu besar seperti Thomas Enders - CEO Airbus dan Jendral Petraeus (kalau tidak salah bertanggung jawab penuh pada operasi militer Amerika di Irak (catatan saya bukan fans bapak yang satu ini peace :p)) akan memberikan pidatonya pada hari pembukaan. Diantara nama-nama terkenal yang tertera pada daftar acara terdapat nama yang cukup asing ditelinga saya, Richard St.John. Setelah saya lacak, saya menemukan video 3,5 menit tentang 8 kunci sukses di forum sharing terkenal TED. Video ini disarikan dari hasil penelitian yang dilakukan secara gerilya 7 tahun dengan cara mewawancarai 500 responden terkenal untuk berbagi mengenai hal-hal yang mereka anggap penting dalam meraih kesuksesan mereka kini. Dalam blog ini saya hanya ingin mengamplifikasi apa yang beliau sudah sampaikan, mungkin berguna bagi kawan-kawan yang koneksi internetnya lambat atau lebih nyaman membaca dengan bahasa ibu (walaupun bahasa inggris saya biasa2x, "litel litel ai andersten lah mister" hehehehe..). Bagi yang ingin melihat ulasan video beserta komentar dari saya dapat membaca terus blog ini. Bagi yang ingin melihat videonya langsung dapat menuju situs berikut.



8 Hal yang didefinisikan sebagai rahasia sukses menurut hasil penelitian Pak Rick adalah:

1. Impian, Visi, atau Keinginan Kuat.
Walaupun terjemahan leterlek dari passion adalah gairah, saya rasa kata-kata diatas lebih pas untuk mewakili apa yang Pak Rick maksud ;). Beliau menyebutkan bahwa pemicu utama dari suatu aksi haruslah berdasarkan cinta mendalam dari hasrat yang ingin kita tuju, bukanlah berhulu dari benefit yang kita tuju (misal uang). Uang dan benefit akan mengikuti apabila kita mengerjakan segala sesuatu dengan cinta dan kesungguhan. Logis.. Kitapun akan senang mengeluarkan uang lebih untuk hasil kerja yang bagus dan dikerjakan orang-orang yang sepenuh hati dalam bekerja. Dan orang dapat lebih mudah sepenuh hati dalam bekerja bila ia mencintai dan mengetahui apa yang ia tuju. "Do what you love, love what you do, and the money will follow".. katanya.. hehehe

2. Kerja Keras.
Hehehe.. Kirain ngimpi doang udah bisa syuksyezz.. hehehe.. Point yang ini semua udah pada bosen-lah ya.. begitu kita udah definisikan visi dan impian kita ya kerja keras dengan tekun untuk wujudin mimpi itu. Ngga ada jalan pintas, kerja keras adalah kode etik dari ksatria-ksatria sportif. halah.. apaan sih.. wkwkwkwk...

3. Profesional
Setelah kita pilih apa yang menjadi impian kita, kita tau persis media profesi apa yang akan kita pakai untuk mewujudkan impian itu, hal selanjutnya tentu menjadi profesional di keprofesian yang sudah kita pilih itu. Untuk menaikkan daya saing, tentu kita harus lebih profesional dan lebih baik kerjanya dari kompetitor kompetitor kita. Dan tidak ada jalan lain untuk meraih kelihaian selain berlatih.. berlatih.. dan berlatih.. Bila di analogikan, layaknya naik sepeda, menyetir mobil, bila tidak berlatih tidak akan pernah bisa, setelah berlatih pun kita harus bisa tangani medan2x berat seperti menyetir di gang-gang sempit, atau menyetir dipasar yang super ramai untuk meningkatkan kelihaian.. Bila kelihaian kita hanya sampai nyetir di jalanan komplek perumahan ketika lagi sepi, tentu anggota keluarga kita juga sedikit was-was minta bantuan kita untuk antar antar kekekeek...

4. Fokus
Terlalu banyak hal-hal yang baik dan menarik untuk digeluti di dunia ini. Sayangnya raga ini hanya satu, waktu dan sumberdaya yang kita miliki pun sangat terbatas. Oleh karenanya memfokuskan diri pada satu hal yang benar-benar menjadi "gairah" kita dan mengenyampingkan gangguan-gangguan yang dapat mengaburkan dari apa yang benar-benar kita sukai adalah hal yang harus kita kerjakan. Kata orang "The enemy of the best thing are the good things"..



5. Memaksa Diri dan Disiplin
Yah kita harus memaksa diri kita secara mental dan fisik untuk impian yang sudah kita definisikan sendiri di tahap satu. Bahkan seringkali kita memiliki keraguan dan serasa ingin loncat dari kamar belajar (hehehe,, hiperbola) ketika persoalan begitu besarnya, paksa diri kita, mental kita, badan kita dan yakinkan kita bisa (cie.. kekekek). Ada quote bagus dari video Pak Rick ketika beliau mewawancarai Goldie Hawn, doski yang dah sukses aja masalahnya sama kok kaya kita.. dia bilang.. "I always had self doubts. I wasn't that good enough, wasn't smart enough, I didn't think I'd make it". Terjemahannya kira-kira, "Saya selalu memiliki keraguan pada diri saya, saya merasa tidak sebagus itu, tidak sepintar itu, saya tidak yakin saya dapat melakukannya" See, keraguan pada diri sendiri timbul pada semua orang.. masalahnya tidak semua orang sukses melewatinya.. bisa ngga ya kita .. hehehe..

6. Melayani Orang
Walaupun Pak Rick bicara dalam konteks bisnis, menurut saya kita bisa juga generalisir untuk kasus yang lain. Inti dari point ini adalah, apapun yang kita lakukan sedapat mungkin dapat memberi manfaat bagi orang lain. Karena hanya dengan melakukan sesuatu yang memberi manfaat lah pertukaran nilai dapat dilakukan. Jadi pilihlah hal-hal menarik yang memberi manfaat buat orang. Walaupun manfaat bisa yang positif dan negatif, kenapa pilih mengerjakan sesuatu yang bermanfaat negatif, kalau bisa sekali kerja pahala dunia akhirat dapet.. uhuy.. hehehe..;)

7. Generasi Ide
Penggenerasian ide yang merupakan dari jawaban dari suatu permasalahan yang ada atau inovasi dari apa yang mungkin bisa kita lakukan lebih baik adalah harta terbaik manusia. Untuk tenaga, revolusi industri, tonggak takluknya dinasti kerja otot manusia sudah usang didengar. Untuk kecepatan memproses informasi, revolusi informasi, seperti yang sekarang telah terjadi telah menggeser kebutuhan manusia untuk menyimpan, mengolah, dan memproduksi analisis. Jadi harta kita, yang membedakan kita dari mesin dan komputer ya generasi ide.. Dan ide ini pula yang membawa Bill Gates meraih impiannya.

8. Keteguhan Hati
Kalo yang satu ini persis kaya nasihat lagu salah satu band Indonesia (nahlo.. yang mana ya.. :p). Keteguhan menghadapi kegagalan kegagalan.. Jangan Pernah Menyerah.. dan ada kutipan menarik dari video Pak Rick, keteguhan hati dalam menghadapi CRAP yang merupakan kepanjangan dari ("Criticism Rejection A******s and Pressure"). Hehehe... Yah mau ngga mau kita harus akui didunia kita memang harus hidup sama kritik, sama orang-orang yang komentar tapi komentarnya ngga membangun, sama orang-orang yang ternyata "perhatian" sama kita hahahaha.. Intinya cuek aje.. kerjain sebaik mungkin.. buat mereka diem lewat bukti kongkrit prestasi yang insyaallah kita raih (oh Tuhan beri kami kemudahan..).



Intinya ya itulah 8 kunci rahasia sukses Pak Rick. Ada juga video 4 menit lain dari dia yang bercerita tentang pengalamannya terlena oleh kesuksesannya. Dimana ketika ia sukses ia melupakan root interest nya dan malah disibukkan dengan mengurusi kekayaannya. Walhasil dia tidak menemukan kebahagiaannya lagi. Dari pencariannya, proses 8 langkah yang terus diasah secara berkelanjutan adalah sukses sebenar benar sukses menurut Pak Rick ini. Videonya dapat di lihat melalui situs berikut ini. Okie, berikut ulasan singkat yang moga bermanfaat. Okie selamat berakhir pekan.. :)

No comments:

Post a Comment