Thursday, May 26, 2011

Tentang Komunitas - Perenungan Sebelum Tidur

Komunitas adalah tempat belajar, berbagi inspirasi, bersenang-senang dan bernyaman-nyaman dalam berbagi keteladanan antar kawan.

Dari komunitas yang baik, didapat pertukaran pelajaran yang baik, kawan-kawan yang menginspirasi untuk menjadi lebih baik, dan motivasi memperbaiki diri yang dipicu oleh perasaan miskin dalam karya dan keteladanan.

Begitu pula sebaliknya,
dari komunitas yang kurang baik didapat pelajaran-pelajaran yang kurang baik, kawan-kawan yang dapat mendegradasi karakter diri karena merasa paling baik, dan potensi demotivasi yang dipicu oleh perasaan hebat dan congkak.

Bersyukurlah orang-orang yang dapat menemukan komunitas dimana sebagian besar penghuninya memiliki keteladanan unik yang dari mereka ia dapat belajar, dimana sebagian besar penghuninya memiliki kelebihan namun terbungkus dalam kerendah-hatian, sebuah komunitas yang dapat selalu menyadarkan orang ybs akan keterbatasan dan kekurangan dirinya, yang pada akhirnya akan menstimulasi perbaikan kemampuan dan karakter.

Itulah sebabnya banyak orang tiada segan untuk membayar sangat mahal untuk dapat menjadi anggota suatu komunitas, sekolah misalnya. Tujuannya jelas, diharapkan dengan menjadi bagian interaksi pada komunitas yang dipilih, kita akan mendapat pengaruh yang baik dari guru-guru yang berkualitas, kawan-kawan yang berkualitas, diskusi-diskusi dan debat-debat konstruktif yang dapat menajamkan pikiran, pengaruh-pengaruh yang meninggikan nilai intrinsik orang yang bersangkutan.

Bersyukurlah orang-orang yang dapat menemukan komunitas yang menstimulasi dirinya untuk memperbaiki diri. Amin.

No comments:

Post a Comment